MEMBUAT FILM PENDEK


Assalamualaikum warakhmatullahi wabarakhatuh ,dalam esai kali ini saya akan mencoba untuk mengungkapkan apa yang akan saya kreasikan dan menjadi inovasi buat saya di INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA .
A.    DESKRIPSI FILM PENDEK DAN DOCUMENTER
Film pendek adalah dimana film ini di jadikan eksperimen dan batu loncatan bagi seseorang,sekelompok pecinta film,dan produksi film rumahan  yang kemudian  di jadikan bahan untuk  meproduksi film panjang yang  biasanya film ini banyak di produksi oleh sekolompok pecinta film Contohnya mahasiswa,pelajar  yang  pernah  terjun  kedunia film pendek ini. Tidak dengan demikian,film ini banyak juga di produksi oleh studio rumahan,produksi rumahan,dan  banyak  yang biasanya akan di tayangkan di stasiun­-stasiun tv lokal/nasional.
            Lain dengan film documenter,film ini menyatakan  film yang sesungguhnya tanpa ada skrip atau para pemainnya seperti film-film pada umumnya. Film ini juga beristilah yaitu mendokumentasikan kenyataan atau kejadian yang di alami seseorang dalam perjalanannya diwaktu liburan atau juga untuk menjadi album dimana semua akan terekam di film dokumentasi ini.
           

B.     PROSES DALAM PEMBUATANNYA
1.      Menentukan ide cerita
            Dalam menentukan ide cerita haruslah sangat matang sekali kalau tidak ada ide cerita ini maka dinyatakan dalam pembuatan film pendek atau dokumentasi ini tidak ada maknanya.walaupun selengkap apapapun peralatannya,semahal dan sebagus apapun itu tidak akan menunjang keberhasilan dalam membuat film tersebut. Usahakan ide tersebut belum terbayangkan dalam benak atau pikiran yang akan menonton film tersebut.
2.      Melakukan riset/penelitian/observasi .Ini juga tak kalah pentingnya dalam pembuatan film pendek dan dokumentasi karena untuk menentukan sebuah lokasi dimana akan di lakukannya pembuatan film tersebut.
3.      Membuat sinopsis
            Tidak akan ada sebuah film yang bagus tanpa adanya synopsis cerita,bahkan semua dalam pembuatan pun tidak  akan pernah lepas dari synopsis yang narasinya dan menggambarkan cerita apa yang akan di buat. Membuat synopsis harus ringkas,padat,jelas,lansung,konflik dan ending yang mngesankan para penontonnya nanti.  
4.      Menentukan para pemain. Proses mencari para pemain ini sesusai dengan ide cerita tersebut di karenakan para pemain harus benar benar memahami makna dan bisa menghayati semua jalan cerita yang sudah ditententukan.        

5.      Membuat film
Menentukan story board,lokasi,cari view  yang bagus untuk lokasi agar sesuai dengan synopsis di tentukan tadi .yang pasti membuat film ini sudah di teliti pada sat dalam menentukan riset .
6.      Menyiapkan peralatan
            Biasa ini terbentuk sebelum menetukan semuanya karna peralatan inni sudah lengkap sebelumnya,contoh alatnya seperti kru,lampu,kamera,setting,property yang di gunakan yang berbahaya maupun tidak berbahaya,kostum pemain,penata make up,dan lain lain .
7.      Menentukan budget Setelah menentukan semuanya dan hal ini yang sangat penting  dalam pembuatan yaitu budget,karna dalam hal ini budget sangat bergantung pada modal awal dimana kita akan membuat film pendek atau dokumtasi .
8.      Pengambilan gambar
            Dalam hal ini pengambilan gambar di lakukan sesuai dengan synopsis atau jalan cerita yang sudah disepakati semua pihak dlam pembautan film pendek atau dokumentasi .
9.      Merevisi dan memperbaiki semuanya. Melakukan penilaian pada hasil pengambilan gambar tersebut tetapi sudah masuk kedalam proses penyiaran tetapi sebelum itu perlu di cek ulang dalam proses tersebut bila ada scene atau jalan cerita yang jelek harus pebaiki terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap publikasika
10.  Mempromosikan hasil
            Menyiapkan media promosi seperti spanduk,baleho,Koran,iklan,trailer, pamplet,poster,bioskop, dan masih banyak lagi .
C.     KEDEPANNYA DI ITERA
Dengan adanya inspirasi yang keluar dari buah pikiran saya,saya harap ini bisa membantu teman-teman dalam menentukan dan membuat suatu film pendek atau dokumentasi. Yang bisa membuat anda lebih memahami dalam dunia rekam seperti yang saya alami ini. Untuk mencapai hasil yang maksimal di perlukannya adanya kerjasama yang baik di semua bidang,komunikasi yang kuat,kebersamaan yang utuh dan kekompakan yang terjadi di dalam suatu produksi dalam pembuatan film ini. Dengan itu saya harap saya bisa membanggakan kampus saya tercinta  yaitu INSTITUSI TEKNOLOGI SUMTERA ( ITERA) dengan semua usaha yang telah saya  lakukan di dalam dunia perfilman ini , semoga kampus saya tercinta menjadi terkenal di mata nasional maupun internasional.

TERIMA KASIH . 


EmoticonEmoticon